Sejarah Program Studi Manajemen
Pada awal berdirinya merupakan Jurusan Ekonomi Perusahaan
dan menjadi cikal bakal Fakultas Ekonomi di Universitas Muhammadiyah Malang.
Program Studi Manajemen mulai pada tahun 1984 dipimpin oleh seorang Ketua
Jurusan saja Kemudian pada tahun 1990 Ketua Jurusan dibantu oleh seorang
Sekretaris Jurusan. Secara resmi Jurusan Manajemen didirikan pada tanggal 18
Pebuari tahun 1985.
Jurusan Manajemen berkembang pada tahun 1990 dengan dipimpin oleh seorang Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan mulai memperbaiki kurikulum sehingga pada tahun 1994 Jurusan Manajemen memiliki 4 bidang peminatan yaitu Bidang Manajemen Sumberdaya Manusia, Manajemen Produksi, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Keuangan. Pada tahun 1998 mendirikan Laboratorium Manajemen guna memberikan pengalaman praktek manajemen kepada mahasiswa yang telah memiliki kemampuan pemahaman teori-teori manajemen.
Sumber
: http://manajemen.umm.ac.id/
Diakses
: Selasa 30 September 2014 jam 16.19 WIB
Informasi Umum
Program
Studi Manajemen bertujuan menciptakan Sarjana Ekonomi yang memiliki kedalaman
ilmu manajemen dan kompeten di bidang kewirausahaan. Lulusan Program Studi
Manajemen memiliki kompetensi pada pengambilan keputusan bisnis yang mampu
beradaptasi dengan perubahan kondisi dan lingkungan sehingga mampu menjawab
tantangan globalisasi dan menangkap berbagai peluang. Kurikulum didisain ke
dalam empat konsentrasi, yaitu Manajemen Sumberdaya Manusia, Manajemen
Operasional, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Keuangan. Pembelajaran didukung
oleh dosen-dosen yang berkompeten di bidangnya yang berpendidikan S2 dan S3,
serta beberapa dosen berpengalaman dalam mengelola bisnis pada unit-unit usaha
milik UMM dan pihak lain yang memiliki hubungan kerjasama.
Jiwa
kewirausahaan mahasiswa dibangun dengan menyelenggarakan berbagai macam diklat,
praktikum, pendampingan dan pemagangan. Diklat dilakukan dengan
mengundang praktisi bisnis yang meliputi diklat kewirausahaan, perbankan, pasar
modal dan kepribadian. Praktikum dilakukan dengan mengkaji masalah dan kasus di
lapangan tentang Manajemen Sumberdaya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen
Pemasaran dan Manajemen Keuangan di Laboratorium Manajemen dengan menggunakan
berbagai alat peraga dan sumber belajar. Pemagangan diutamakan bagi mahasiswa
semester akhir seiring dengan tugas akhir (Skripsi). Tempat pemagangan bagi
mahasiswa antara lain UMM Bookstore, Hotel Pendidikan UMM Inn, dan berbagai
perusahaan yang menjadi mitra kerja UMM. Praktek kewirausahaan mahasiswa
dikembangkan melalui Young Management Enterpreneur (YME) dan Management
English Community (MEC).
Program
Studi Manajemen memperoleh status terakreditasi A berdasarkan SK BAN-PT Nomor:
020/BAN-PT/Ak-XI/S1/VIII/2008 tertanggal 29 Agustus 2008.
Sumber : http://www.umm.ac.id/
Diakses : Selasa 30 September 2014 jam 16.21 WIB
Sumber : http://www.umm.ac.id/
Diakses : Selasa 30 September 2014 jam 16.21 WIB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar